Penerapan 8 SNP

PENERAPAN 8 STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN (SNP)
NO
JENIS
SUDAH DILAKSANAKAN
AKAN DILAKSANAKAN
1
Standar Isi 1. Pelaksanakan Kurikulum berdasarkan KTSP
2. Melibatkan TIM penyusun KTSP
3. Pengaturan beban belajar
4. Penentuan KKM
5. Penyusunan Kalender Pendidikan
6. Mata Pelajaran Muatan Lokal
7. Kegiatan Ekstrakurikuler
8. Pengembangan Silabus dan RPP
    1. Program pengembangan diri dalam bentuk kegiatan konseling
    2. Aspek menentukan KKM
2
Standar Proses
  1. Lima mata pelajaran memiliki RPP
  2. Beban mengajar guru lebih dari 24 jam
  3. Pelaksanaan pembelajaran sesuai langkah- langkah pembelajaran
  4. Supervisi kelas
  5. Memberi kesempatan guru untuk ikut pelatian.
    1. Tiga mata pelajaran
    2. Pengadaan buku teks siswa belum sebanding
    3. Menggunakan buku sumber di perpustakaan
    4. Evaluasi guru dalam proses pembelajaran
3
Standar Kompetensi Lulusan
  1. Siswa lulus diatas KKM
  2. Ketersediaan bahan ajar
  3. Penegakan tata tertib sekolah
  4. Peringatan  Hari besar keagamaan dan hari besar nasional
  5. Pembiasaan hidup bersih dan sehat
  6. Ibadah sholat berjamaah
  1. Menikuti lomba ketrampilan berhitung  dan menulis
4
Standar Pendidikan dan Tenaga Kependidikan
  1. Pendidik latar belakang S1
  2. Latar belakang pendidik sesuai dengan mata pelajaran yang diajar (FKIP)
  3. Guru memiliki kompetensi pedagogik. Kepribadian,manajerial, supervise
  4. Guru memiliki  SK pengangkatan GTT,GTY,DPK
  5. Kepala sekolah pendidikan terakhir S-1
  6. Rata- rata kehadiran guru dalam satu semester 99 persen.
  7. Kelulusan siswa tiap tahun 100%
  1. Guru yang belum S1 melanjutkan kejenjang S1
  2. Merencanakan program supervise akademik secara kontinyu
5
Standar Sarana dan prasarana
  1. Sekolah berada dilokasi yang aman
  2. Lokasi sekolah sesuai dengan peruntukan, memiliki status hak tanah
  3. Bangunan memenuhi ketentuan luas minimum sesuai  dengan rasio jumlah siswa
  4. Sekolah memiliki sanitasi didalan dan diluar yang dapat memenuhi kebutuhan
  5. Bangunan sekolah memiliki ventilasi udara yang cukup
  6. Sekolah memiliki sarana ruang kelas, perpustakaan,kepala sekolah, guru, tempat ibadah, UKS,jamban/WC , gudang , Lab computer siswa
  7. Ruang kelas sesuai jumlah kelas
  8. Rasio buku teks 1 buku satu siswa dimiliki yaitu: matematika, IPS,PPkn,Bahasa Indonesia,Agama,(milik sekolah)
  9. Sekolah baru memiliki 4 mata pelajaran yang ditetapkan oleh Diknas (Buku BSE) Ruang kepala sekolah dan guru sesuai ketentuan
6
Standar Pengelolaan
  1. Sekolah memiliki visi dan misi
  2. Perumusan visi dan misi ditetapkan melalui keputusan bersama
  3. Sekolah memiliki tujuan lembaga, rencana kerja jangka menengah. Rencana kerja tahunan.
  4. Sekolah memiliki struktur organisasi
  5. Sekolah memiliki pedoman dan pengelolaan sekolah secara tertulis
  6. Sekolah melaksanakan kegiatan ekstrakurikuler dan pembinaan prestasi
  7. Sekolah melakukan pengembangan kurikulum
  8. Sekolah mendayagunakan pendidik dan tenaga kependidikan sesuai dengan bidang tugas
  9. Pengelolaan pembiayaan  pendidikan dilakukan melakukan pembukuan yang teratur
  10. Evaluasi kinerja pendidik secara periodik
  1. Pemberdayaan bimbingan dan layanan
  2. Merencanakan panggilan sumber dana peran serta masyarakat
  3. Mendorong guru  untuk meningkatkan  pengetahuan tenaga teknologi informatika(TI)
7
Standar Pembiayaan
  1. Sekolah menganggarkan biaya untuk pengembangan  pendidik dan tenaga kependidikan. Honor, dan gaji guru
  2. Pengelolaan keuangan sekolah secara sistematis, transparan, efisien dan akuntabel
  1. Mendorong guru untuk menyusun modul pembelajaran
  2. Sekolah mengusahakan biaya bagi siswa tidak mampu dan berprestasi
8
Penilaian Pendidikan
  1. Guru membagi hasil belajar siswa setiap akhir semester
  2. Teknik penilaian meliputi: tes tertulis, lisan, sikap,dan porto polio
  3. Sekolah mengkoordinasi-kan ulangan tengah semester  dan ulangan kenaikan kelas , dengan membentuk panitia.
  4. Menentukan kenaikan kelas dan kelulusan melalui proses rapat bersama
  5. Rata- rata kelulusan diatas KKM
  6. Sekolah menyerahkan SKHU UASBN dan ijazah kepada setiap siswa yang telah lulus.
  1. Program remidi dan pengayaan dibuat secara teratur
  2. Setiap tahun peningkatan KKM


Update : 03/2015

Tidak ada komentar:

Posting Komentar